Peran Pendidikan Swasta Kristen di Indonesia sebagai Suatu Upaya Pelayanan Holistik Misi Kristen

Authors

  • Sugihyarto Sugihyarto Sekolah Tinggi Teologi ATI Anjungan Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.52157/mak.v2i2.245

Keywords:

pendidikan Kristen, Indonesia, misi Kristen

Abstract

Pendidikan Kristen ialah pendidikan yang bersumber dan berpusat pada firman Allah. Meskipun demikian, pendidikan Kristen tidak hanya ditujukan kepada orang Kristen saja, melainkan dapat menjangkau berbagai kalangan. Hal inilah yang menggambarkan sikap holistiknya. Harapannya demikian, namun masalah yang sering timbul adalah pendidikan Kristen tidak lagi menunjukkan corak kekristenannya, tetapi sebaliknya bersifat umum sehingga kehilangan kekhususannya. Masalah ini perlu menjadi evaluasi untuk mengembalikannya kepada tujuan misionernya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan sumber-sumber pustaka. Hasil yang ditemukan adalah bahwa, pendidikan Kristen memegang peranan penting dalam pembangunan generasi bangsa baik secara spiritual maupun jasmani searah dengan maksud Injil yang bersifat holistik sebagaimana yang ditekankan dalam Alkitab dalam Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus. Prinsip ini harus menjadi pokok pendidikan Kristen, sebab pendidikan Kristen dimaksudkan untuk mengajarkan dan mengimplemtasikan kebenaran Injil.

References

Ahmadi, A. Pendidikan Dari Masa Ke Masa. Bandung: Armico, 1987.

Atmadja-Hadinoto, Nieke Kristiana. Dialog Dan Edukasi: Keluarga Kristen Dalam Masyarakat Indonesia. 1st ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1990.

Blegur, Romelus, and Grace Enting Alfrianne Illu. “Menggoyang Ruang Isolasi Dalam Dunia Pendidikan: Berteologi Di Tengah Masyarakat Plural.” Didache: Journal of Christian Education 4, no. 1 (2023): 47. https://doi.org/https://doi.org/10.46445/djce.v4i1.657.

Buchari, Agustini. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 12, no. 2 (2018): 106–24. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897.

Enklaar, I.H., and E.G Homrighausen. Pendidikan Agama Kristen. 25th ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.

Gea, Leniwan Darmawati. “Pendidikan Kristen Dalam Bingkai Multikulturalitas Bangsa Indonesia: Suatu Perspektif Terhadap Amanat Agung Dalam Matius 28:19-20.” Jurnal Teologi Injili 1, no. 2 (2021): 61–71. https://doi.org/10.55626/jti.v1i2.12.

Gea, Leniwan Darmawati, and I Putu Ayub Darmawan. “Tantangan Humanisme Bagi Pendidikan Agama Kristen Abad 21 Dan Tanggap Teologisnya.” Shanan 5, no. 1 (2021): 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.33541/shanan.v5i1.2621.

Nazir, Mohammad. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1997.

Octavianus, Roland M., Stevri I. Lumintang, Sherly Hingkoil, Evendy Tobing, Wahyu Puspa Wulaning, and Jeny M. Lainsamputty, eds. Holistic Global Mission: Kepeloporan Petrus Octavianus Dalam Gerakan Misi Sedunia Dari Batu Sampai Ke Lima Benua (80 Negara) Jilid 2. 1st ed. Batu: Departemen Multimedia (Bidang Literatur) YPPII, 2007.

Partisipasi Kristen Dalam Usaha Pendidikan Untuk Membangun Masa Depan Bangsa Dan Negara. Jakarta: PGI, 1993.

Rosyad, Rifqi Abdul. “Kualifikasi Pemimpin Lembaga Pendidikan Formal, Non Formal Dan Informal Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr 6, no. 1 (2017): 107–23. https://doi.org/10.24090/jimrf.v6i1.2737.

Seeley, Levi. History of Education (Terjemahan). Edited by Sutrisno. Yogyakarta: Penerbit Indoliterasi, 2021.

Sider, Ronald J., Philip N. Olson, and Heidi Rolland Unruh. Churches That Make a Difference: Reaching Your Community with Good News and Good Works. Grand Rapids, Michigan: Baker Book, 2002.

Sidjabat, B. Samuel. Strategi Pendidikan Kristen. Yogyakarta: Yayasan ANDI, 1996.

Sidjabat, B.S. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2000.

Abstract viewed = 44 times

Citation

Downloads

Published

2024-02-13

How to Cite

Sugihyarto, S. (2024). Peran Pendidikan Swasta Kristen di Indonesia sebagai Suatu Upaya Pelayanan Holistik Misi Kristen. Makarios: Jurnal Teologi Kontekstual, 2(2), 87–97. https://doi.org/10.52157/mak.v2i2.245

Issue

Section

Articles