Peran Guru Sekolah Minggu dalam Mengembangkan Talenta Anak Usia13-14 Tahun Melalui Tindakan Membangkitkan Semangat

Authors

  • Junio Richson Sirait Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Yogyakarta
  • Jefri Jikwa Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Yogyakarta
  • Andre Setyo Nugroho Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Yogyakarta
  • Modify Jeli Sihotang Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Yogyakarta
  • Citra Era Vazira Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.52157/mak.v3i1.251

Keywords:

talenta, peran, semangat

Abstract

Bakat anak sering kali terabaikan oleh orang tua dan guru. Hal ini dikarenakan kesibukan pekerjaan dan kurangnya perhatian terhadap pertumbuhan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan peran guru Sekolah Minggu dalam mengembangkan talenta melalui membangkitkan semangat. Usia objek penelitian adalah 13-14 tahun. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membangkitkan semangat anak sekolah minggu dapat dilakukan dengan tiga cara. Pertama, peran guru sekolah minggu yang maksimal. Kedua, memahami psikologi anak usia 13-14 tahun. Ketiga, memfokuskan anak pada talenta yang dimiliki dengan melibatkan mereka dalam pelayanan di gereja. Manfaat dari penelitian ini adalah mengefektifkan anak-anak sekolah minggu dalam melayani di gereja dengan mengembangkan talenta. Talenta akan berfungsi secara efektif jika semangat anak Sekolah Minggu dibangkitkan dalam kegiatan sehari-hari.

References

Ariani, Erry, Siska Balisosa, Nurhayati Ruth Rumpa, and Yasni Putri Sari Harefa. “Pengembangan Kreavitas Mengajar Guru Sekolah Minggu Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Alkitab Di Kelas Sekolah Minggu.” Jurnal Teologi Rahmat 8, no. 2 (December 1, 2022). https://journal.sttrem.ac.id/index.php/jtr/article/view/65.

Astuti, Tri Endah, Paulus Kunto Baskoro, Sri Wahyuni, Epafras Mujono, Arman Susilo, Daniel Lindung Adiatma, Junio Richson Sirait, Tandius Kogoya, and Hasanema Wau. Pendidikan Kristen Di Era Society 5.0. Yogyakarta: CV. Lumina Media, 2023.

Bawamenewi, Yunida, Lidia Marbun, Andreas Fernando, and Reni Triposa. “Peran Pendidikan Teologi Dan Kepemimpinan Kristen Dalam Pembentukan Karakter Guru Sekolah Minggu.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (February 28, 2022): 20–31. https://doi.org/10.52220/sikip.v3i1.106.

Bawole, Susan. “Tanggung Jawab Guru Sekolah Minggu Dalam Kehidupan Spiritual Anak.” Tumou Tou 7, no. 2 (July 31, 2020): 143–56. https://doi.org/10.51667/tt.v7i2.459.

Damanik, Evalina Chrisna, Lusia Rahajeng, Manat Siahaan, Rondo Alvirano Morihito Victoria Salomo, and Desi Sianipar. “Peran Guru Sekolah Minggu Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Anak Usia 11-12 Tahun.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 5, no. 2 (January 31, 2023): 248–67. https://doi.org/10.47167/kharis.v5i2.109.

Diananda, Amita. “Psikologi Remaja Dan Permasalahannya.” Journal ISTIGHNA 1, no. 1 (January 28, 2019): 116–33. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20.

EDOR, Oktavianus Serafim. “Pemberdayaan Anak-Anak Di Panti Asuhan Yayasan Sesamamu Wae Peca Dalam Terang Perumpamaan Tentang Talenta (Matius 25: 14-30) Dan Relevansinya Bagi Karya Misi Sosial Karitatif Serikat Sabda Allah.” IFTK Ledalero, 2023.

Hasugian, Syalam Hendky, and Elisabeth Sitepu. Pembentukan Karakter: Aktualisasi Spiritualitas Dan Kompetensi Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Kristiani Siswa. EDU PUBLISHER, 2023.

Hia, Opini Abdi Putra, and Sandy Juliarni Zega. “Menjadi Gereja Ramah Anak Dalam Meningkatkan Spiritualitas Dan Sosial Anak.” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan 15, no. 1 (July 11, 2022): 23–31. https://doi.org/10.36588/sundermann.v15i1.95.

Malau, Indah Margaretha, Desika Sihombing, Ganda Marito, and Ronald Sianipar. “Strategi Keluarga Kristen Dalam Membangun Anak Yang Berprestasi Di Sekolah.” Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan 1, no. 1 (December 1, 2023): 52–65. https://doi.org/10.62282/je.v1i1.52-65.

Mau, Maria Ambrosia, and Sitti Anggraini. “Motivasi Belajar Pada Siswa Dari Keluarga Broken Home.” Journal of Mandalika Social Science 1, no. 2 (December 16, 2023): 79–86. https://doi.org/10.59613/jomss.v1i2.50.

Mirnawati, Nurfitriani, Febriana Maya Zulfiarini, and Widya Hary Cahyati. “Perilaku Merokok Pada Remaja Umur 13-14 Tahun.” HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development) 2, no. 3 (October 26, 2018): 396–405. https://doi.org/10.15294/HIGEIA.V2I3.26761.

Mulyani, Endah, Semuel Ruddy Angkouw, and Andreas Joswanto. “Keteladanan Yesus Mengajar Murid-Murid Dan Implikasinya Bagi Pelayanan Sekolah Minggu.” REAL DIDACHE: Journal of Christian Education 2, no. 1 (March 31, 2022): 30–44. https://doi.org/10.53547/rdj.v2i1.151.

Nugraheni, Angesti, Ika Sumiyarsi Sukamto, Niken Bayu Argaheni, Noviyati Rahardjo Putri, and Iffah Indri Kusmawati. Lavila Lagu Bervisualisasi Pencegahan Covid-19 Untuk Anak SD. CV Jejak (Jejak Publisher), 2022.

Nugroho, Indra Prapto. “Memahami Rasa Ingin Tahu Remaja Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman 5, no. 1 (April 1, 2019): 1. https://doi.org/10.31602/jbkr.v5i1.1675.

Puspitasari, Linda, and Chasisa Aulia Sari. “Periodesasi Perkembangan Masa Remaja.” Periodesasi Perkembangan Masa Remaja, 2018, 1–14.

Riadi, Muchlisin. “Manajemen Talenta (Pengertian, Tujuan, Model Dan Tahapan Proses).” Kajian Pustaka, 2020.

Roseta, Roseta, and Junio Richson Sirait. “Profesionalisme Guru Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 4, no. 2 (December 31, 2022): 382–98. https://doi.org/10.37364/jireh.v4i2.98.

Sari, Dwi Novita. “Modifikasi Layanan Sekolah Minggu Sebagai Wujud Gereja Ramah Anak Di Masa Pandemi.” PROSIDING STT Sumatera Utara 1, no. 1 (2021): 43–52. https://stt-su.ac.id/e-journal/index.php/prosiding/article/view/50.

Siburian, Ester Debora Br, Viktor Deni Siregar, and Yolenta Erika. “Kreativitas Guru Sekolah Minggu Dalam Meningkatkan Spiritual Anak Melalui Metode PAIKEM.” Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi 1, no. 1 (2023): 165–76. https://doi.org/https://doi.org/10.59581/jpat-widyakarya.v1i1.711.

Supriyadi, Daniel. “Implementasi Best Practice Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah Minggu.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 2, no. 1 (June 16, 2021): 94–108. https://doi.org/10.52489/jupak.v2i1.25.

Surya, Alfan. “Upaya Orang Tua Dalam Mengarahkan Penggunaan Smartphone Di Kalangan Remaja Pada Usia 13 Sampai 18 Tahun Di Kelurahan Pasar Kotanopan Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal.” Padangsidimpuan: UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, 2023.

Toja, Indah Batari. “Pengaruh Hipnotis Lima Jari Terhadap Tingkat Insomnia Pada Remaja Akibat Kecanduan Gadget Di SMA Bina Warga 1 Palembang Tahun 2022.” STIK Bina Husada Palembang, 2022.

Wahyujati, Mahanani. “Imaginary Audience Sebagai Prediktor Kecenderungan Shyness Pada Remaja.” UNIVERSITAS AIRLANGGA, 2011.

Yulianingsih, Dwiati. “Upaya Guru Sekolah Minggu Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Alkitab Di Kelas Sekolah Minggu.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 3, no. 2 (December 18, 2020): 285–301. https://doi.org/10.34081/fidei.v3i2.186.

Yumarni, Vivi. “Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini.” Jurnal Literasiologi 8, no. 2 (July 13, 2022). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369.

Abstract viewed = 63 times

Citation

Downloads

Published

2024-05-04

How to Cite

Sirait, J. R., Jikwa, J. ., Nugroho, A. S. ., Sihotang, M. J. ., & Vazira, C. E. . (2024). Peran Guru Sekolah Minggu dalam Mengembangkan Talenta Anak Usia13-14 Tahun Melalui Tindakan Membangkitkan Semangat. Makarios: Jurnal Teologi Kontekstual, 3(1), 31–43. https://doi.org/10.52157/mak.v3i1.251

Issue

Section

Articles