Menyasar Peluang Pemberitaan Injil dalam Lintasan Arus Informasi di Media Sosial

Authors

  • Romelus Blegur Sekolah Tinggi Teologi ATI Anjungan Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.52157/mak.v3i1.261

Keywords:

peluang, pemberitaan Injil, media sosial

Abstract

Injil adalah berita keselamatan yang harus diberitakan dan semua orang percaya bertanggung jawab atas tugas tersebut. Untuk menjalankan peran tersebut media sosial adalah salah satu ruang yang tersedia serta peluang untuk memerankan tugas pemberitaan Injil. Tujuan penelitian ini adalah menyasar peluang pemberita Injil di tengah ruang bebas teknologi informasi yang terbuka lebar serta padat dengan lalu lintas informasi yang tidak terbendung. Ruang tersebut dengan sendirinya menjadi peluang sebab informasi yang disebarkan adalah hak pengguna media sosial. Meskipun bebas, namun tidak mudah untuk menarik pengunjung yang sedang mengalihkan perhatian pada ragam informasi menarik lainnya. Kenyataan ini dengan sendirinya memerlukan kreatifitas gereja dan orang percaya dalam mempresentasikan berita Injil melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa, media sosial adalah ruang bebas bagi para penggunannya untuk menyebarkan informasi yang mereka inginkan. Dalam ruang tersebut berita Injil mendapat peluang yang efektif, namun diperlukan kemasan yang menarik untuk dikunjungi oleh para penjelajah informasi di media sosial. Untuk menyikapinya, maka diperlukan Sumber Daya Manusia yang berkompetensi guna menjalankan perannya secara professional dengan keahlian yang dimilikinya untuk mempresentasikan kemuliaan Allah secara kreatif bagi generasi masa kini.

References

Barus, Devi Afriani. “Pengaruh Penggunaan Instagram Dan Whatsapp Terhadap Kreativitas Bermarturia Mahasiswa Prodi Teologi Iakn Tarutung Tahun 2019.” Areopagus: Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen 18, no. 2 (2020): 50–58. doi:10.46965/ja.v18i2.328.

Blegur, Romelus. “Perspektif Teologis Tentang Makna ‘ Kehadiran ’ Dalam Kultur Digital.” Studia Philosophica et Theologica 22, no. 2 (2022): 246–61. doi:10.35312/spet.v22i2.454.

Blegur, Romelus, Leniwan Darmawati Gea, Markus Domilius Mastilia Illuko, Franky Franky, and Jitro Remi Praing. “Mendidik Kesadaran Gereja Terhadap Tugas Misi Allah.” Makarios: Jurnal Teologi Kontekstual 2, no. 2 (2022): 77–86. doi:https://doi.org/10.52157/mak.v2i2.239.

Bock, Darrell L., and Jonathan J. Armstrong. Virtual Reality Church: Perangkap Dan Peluang. 1st ed. Jakarta: Literatur Perkantas, 2021.

Cahyono, Anang Sugeng. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia.” Jurnal Publiciana 9, no. 1 (2016): 140–57. doi:https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79.

Camerling, Yosua Feliciano, Mershy Ch. Lauled, and Sarah Citra Eunike. “Gereja Bermisi Melalui Media Digital Di Era Revolusi Industri 4.0.” Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen 2, no. 1 (2020): 1–22. doi:10.35909/visiodei.v2i1.68.

Dever, Mark. Sembilan Tanda Gereja Yang Sehat. 1st ed. Surabaya: Penerbit Momentum, 2010.

Fronika, Winda. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Sikap Remaja.” Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang, 2019, 1–15. https://osf.io/g8cv2/download.

Gaol, Rumondang Lumban, and Resmi Hutasoit. “Media Sosial Sebagai Ruang Sakral: Gereja Yang Bertransformasi Bagi Perkembangan Spiritualitas Generasi Z Dalam Era Digital.” KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi 7, no. 1 (2021): 146–72. doi:10.37196/kenosis.v1i1.284.

Hamzah, Amir. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research): Kajian Filosofis, Teoritis Dan Aplikasi Proses Dan Hasil. Edited by Indi Vidyafi. 1st ed. Depok: PT RajaGrafindo Persada, 2022.

Harahap, Machyudin Agung, and Susri Adeni. “Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Di Indonesia.” Jurnal Professional FIS UNIVED 7, no. 2 (2020): 13–23. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/prof/article/view/1273.

Himawan, Andreas. “Refleksi Teologis Terhadap Praktik Bergereja Secara Virtual.” In Kemanusiaan Masa Depan (Future Humanity), edited by Hendro, 1st ed. Jakarta: Sekolah Tinggi Teologi Amanat Agung, 2022.

Lumintang, Stevri Indra. Misiologia Kontemporer: Menuju Rekonstruksi Theologia Misi Seutuhnya. 2nd ed. Batu: Departemen Multi-Media YPPII, 2009.

Packer, J.I., and Thomas C. Oden. Satu Iman: Konsensus Injili. 1st ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.

Pandie, Daud Alfons, and Nidia Lina Ardela. “Urgensi Penginjilan Sebagai Tanggung Jawab Gereja.” APOLONIUS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2020): 1–10. http://jurnal.stakam.ac.id/index.php/apolonius/article/view/7.

Pardede, Jimmy. Injil Dan Kebudayaan. Edited by Budiana Soendjojo and Sharon Nobel. 1st ed. Surabaya: Penerbit Momentum, 2023.

Patandean, Yohanes Enci, and Krismadayanti. “Mengomunikasikan Injil Melalui Tiktok.” Jurnal Teologi Kontekstual Indonesia 4, no. 2 (2023): 124–33. doi:https://doi.org/10.46445/jtki.v4i2.658.

Purnomo, Aldrin, and Yudhy Sanjaya. “Tantangan Dan Strategi Gereja Menjalankan Misi Allah Dalam Menghadapi Penerapan Industri 4.0 Di Indonesia.” DIEGESIS: Jurnal Teologi Kharismatika 3, no. 2 (2020): 91–106. doi:10.53547/diegesis.v3i2.83.

Purwoto, Paulus, Asih Rachmani Endang Sumiwi, Alfons Renaldo Tampenawas, and Joseph Christ Santo. “Aktualisasi Amanat Agung Di Era Masyarakat 5.0.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 6, no. 1 (October 31, 2021): 315–32. doi:10.30648/dun.v6i1.640.

Rafiq, A. “DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL SUATU MASYARAKAT.” Global Komunika 1, no. 1 (2020): 18–29. doi:10.33822/gk.v3i1.1704.

Rulian, Garry. “Media Pemberitaan Injil Melalui Tiktok Era 5.0 Perspektif Guichun Di Jemaat Rantetallang.” Tepian: Jurnal Misiologi Dan Komunikasi Kristen 3, no. 2 (2023): 79–94. doi:https://doi.org/10.51667/tjmkk.v3i2.1536.

Salsabila, Annisa Anastasia, Dinie Anggraeni Dewi, and Rizky Saeful Hayat. “Pentingnya Literasi Di Era Digital Dalam Menghadapi Hoaks Di Media Sosial.” Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa 3, no. 1 (2024): 45–54. doi:https://doi.org/10.58192/insdun.v3i1.1775.

Sari, Astri Clara, Rini Hartina, Reski Awalia, Hana Irianti, and Nurul Ainun. “Komunikasi Dan Media Sosial.” Jurnal The Messenger 3, no. 2 (2018): 69. https://www.researchgate.net/publication/329998890.

Soliha, Silvia Fardila. “Tingkat Ketergantungan Pengguna Media Sosial Dan Kecemasan Sosial.” Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 4, no. 1 (2015): 1–10. doi:https://doi.org/10.14710/interaksi.4.1.1-10.

Stevanus, Kalis. “Karya Kristus Sebagai Dasar Penginjilan Di Dunia Non-Kristen.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 3, no. 1 (2020): 1–19. doi:10.34081/fidei.v3i1.119.

Supratman, Lucy Pujasari. “Penggunaan Media Sosial Oleh Digital Native.” Jurnal ILMU KOMUNIKASI 15, no. 1 (2018): 47–60. doi:10.24002/jik.v15i1.1243.

Watie, Errika Dwi Setya. “Komunikasi Dan Media Sosial (Communications and Social Media).” Jurnal The Messenger 3, no. 1 (2011): 69–75. doi:10.26623/themessenger.v3i2.270.

Wright, Christopher J. H. Misi Umat Allah. Edited by Jonathan Lunde. 3rd ed. Jakarta: Literatur Perkantas, 2020.

Abstract viewed = 49 times

Citation

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Blegur, R. (2024). Menyasar Peluang Pemberitaan Injil dalam Lintasan Arus Informasi di Media Sosial. Makarios: Jurnal Teologi Kontekstual, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.52157/mak.v3i1.261

Issue

Section

Articles