HARMONISASI POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PENGAJARAN SEKOLAH MINGGU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI BERDASARKAN NILAI-NILAI SPIRITUAL DI GKPB JEMAAT GALANG NING SABDA CICA BALI

Authors

  • Judith Wangania STT Johanes Calvin Bali
  • Jammes Juneidy Takaliuang Institut Injil Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52157/me.v10i1.127

Keywords:

Harmonisasi, pola asuh, pengajaran, karakter, nilai spiritual

Abstract

Pertumbuhanan dan perkembangan karakter anak tidak terlepas dari tanggunjgawab orang tua dalam menerapkan pola asuh dalam keluarga dan juga pengajaran yang diberikan disekolah, termasuk sekolah minggu.  Orang tua sebagai penanggungjawab utama dari pertumbuhan dan karakter anak, maupun guru-guru sekolah minggu, sama berperan penting dalam pembentukan karakter anak.  Tetapi kenyataan yang terjadi adalah tidak adanya harmoni (Dishamorni) antara orang tua dan guru sekolah minggu.  Tidak adanya harmoni ini terlihat dari sikap acuhnya orang tua terhadap pengajaran sekolah minggu yang diterima oleh anak-anak mereka.  Disisi lain, kurangnya komunikasi guru-guru sekolah minggu dengan orang tua juga menjadi salah satu satu penyebab disharmoni.  Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh orang tua dengan pengajaran sekolah minggu, menentukan karakter anak usia dini berdasarkan nilai-nilai spiritual, menghasilkan model harmonisasi pola asuh orang tua dengan pembelajaran sekolah minggu pada pembentukan karakter anak usia dini berdasarkan nilai-nilai spiritual yang ada di GKPB Jemaat Galang Ning Sabda Cica Bali. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam tentang Model Harmonisasi Pola Asuh Orang Tua dan Pengajaran Sekolah Minggu Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Berdasarkan Nilai Spiritual di GKPB Galang Ning Jemaat Sabda Cica Bali. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa Model Harmonisasi antara Pola Asuh Orang Tua di rumah dengan Pengajaran sekolah minggu yang dapat diterapkan adalah model komunikasi, model kerja sama, model sharing of life dan model pertemuan rutin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, Doni Kusuma. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, (Jakarta: PT Grasindo, 2007)

Ahmadi dan Widodo Supriono, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008)

Alfamarlin.blogspot.com/2011/03/metode-pengumpulan-data.html. diakses pada tanggal 12 November 2018.

Anshar, Maria Ulfah dan Mukthar Alshodiq, Pendidikan dan Pengasuhan Anak, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005)

Aqila, Zainal dan Sujak, Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter, (Bandung: Yram Widya, 2011)

Arifianto, Andi. Sekolah Mingguku Luar Biasa, (Yogyakarta: ANDI, 2014)

Artanto, Widi. Spiritualitas Pelayanan: Perjumpaan dengan Allah dan Sesama: Pelayanan, Spiritualitas, dan Pelayanan, (Yogyakarta: Taman Pustaka Kristen, 2012)

Baker, David L. Roh dan Kerohanian Dalam Jemaat : Tafsiran 1 Korintus (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1993)

Banoe, Pono. Pengantar Pengetahuan Harmoni, (Yogyakarta: Kanisius, 203)

Berkhof, Louis. Teologi Sistematika I: Doktrin Allah (Jakarta: LRII, 2000)

Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen, (Jakarta: BPK Gunung Mulia)

Brandt, Henry dan Kerry L. Skinner, Berbahagia Bersama Anak-Anak Terkasih, (Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, tt)

Buzan, Tony. Sepuluh Cara Jadi Orang Cerdas Secara Spiritual, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003)

Creswell, John W. Research Design, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016)

Cully, Iris V. Dinamika Pendidikan Kristen, cet. Ke-12, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009)

Darmodiharjo, Darji dan Shidarta, Pokok-Pokok Filsafat Hukum: Apa dan Bagaimana Hukum di Indonesia, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006)

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008)

Dobson, James. Masalah Membesarkan Anak, cet. Ke-3, (Bandung: Yayasan Kalam Hidup: 2006)

Drescher, John, M. Orang Tua: Penerus Obor Iman, cet 2, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2001)

GP, Harianto. Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa Kini, (Yogyakarta: Andi, 2012)

Gunarsa, Yulia Singgih D. Asas-asas Psikologi Keluarga Idaman, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2002

Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, (Bandung:Alfabeta, 2012)

H.M, Ruslan, Menyingkap rahasia spiritualitas Ibnu ‘Arabi (Makassar: Al-Zikra, 2008)

Habibi, Muazar. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini, cet – 1, (Yogyakarta: Deepublish, 2018)

Hadi, Sutrisno. Metodologi Riset, ( Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015)

Hartati, Sofia. Perkembangan Belajar Anak Usia Dini, (Jakarta: Direktorat Pembinaan AUD,2005)

Hibana, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, (Yogyakarta: PGTKI Press, 2002)

Hidayanti, Tutik. Iis Hanifah, Yessi Nur Endah Sari, Pendampingan Gizi Pada Balita, (Yogyakarta: Deepbulisher, 2019)

Hidayat, Arini. “Televiia dan Perkembangan Sosial Anak”, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 1998)

Homrighausen, E.G. dan I.H. Enklaar, Pendidikan Agama Kristen, (Jakarta: BPK, 2012)

Ibung, Dian. Mengembangkan Nilai Moral Pada Anak, (Jakarta: Gramedia, 2009)

Ismail, Andar. Selamat Menabur (Jakarta: BPK Gunung Mulia,2007)

Jacobsen, Margaret B. Ketika Anak Anda Bertumbuh, peny. Gabriella K. Koswiranegara, cet.3 (t k.:t.p., 1997)

Jacobsen, Margaret Bailey. Ketika Anak Anda Bertumbuh, (Bandung: Kalam Hidup)

Kadarmanto, Ruth S. Tuntunlah ke Jalan yang Benar, panduan mengajar Anak di Jemaat, Jakarta: BPK Gunung Mulia)

Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1997)

Kartono, Kartini. Psikologi Anak Psikologi Perkembangan, (Bandung: Morang Tuar maju, 1990)

Khan, D. Yahya. Pendidikan Karakter Berbasis Kualitas Pendidikan, (Yogyakarta: Pelangi Publishing, 2010)

Kompas, Membangun Komunikasi Bijak Orangtua dan Anak, Jakarta, Kompas)

Kreamer, H. Theologia Kaum Awam, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1981)

Kristianto, Paulus Lilik. Prinsip dan Praktik Pendidikan Agama Kristen, Penuntun bagi Mahasiswa Teologi & PAK, Pelayan Gereja, Guru Agama, dan Keluarga Kristen, (Yogyakarta: ANDI)

LaHaye, Beverli. Memahami Temperam Anak-Anak, Cet-1, (Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2002)

Laufer, Ruth & Anni Dyck, Pedoman Pelayanan Anak, (Surabaya: Bahtera Grafika)

Lestari, Sri. Psikologi Keluarga Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam keluarga (Jakarta: Kencana, 2013)

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif …, 135 Bandingkan Suhasimi Arikunto, Prosedur Penelitian; Suatu pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 1998)

Lickona, Thomas. Character Matters (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)

Lickona, Thomas. Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility)

Linda dan Richard Eyre, Petunjuk Menjadi Keluarga Bahagia

Loraine Blaxter, Cristian Hughes, Malcom Thight, How To Research, (Jakarta: INDEKS, 2006)

Luhulima, Achie Sudiarti. Bahan Ajar Tentang Hak Perempuan, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2007)

Madyawati, Lilis. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak, cet ke-2, (Jakarta: Kencana, 2017)

Manzilati, Asti. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Metode dan Aplikasi, (Malang: UB Media, 2017)

McGrath, Alister E. Christian Spirituality, (Oxford: Blackwell Published, 1999)

Menne, Firman. Nilai-Nilai Spiritual Dalam Bisnis Syariah, (Makasar: Celebes Media Perkasa, 2007)

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif, ( Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2010)

Mulyadi, Seto. Seri Cerdas Emosi: Membantu Anak Balita Mengelola Amarahnya, (Jakarta: Erlangga, 2002)

Mulyasa, H. E. Mulyasa, Manajemen PAUD, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2012)

Nainggolan, J. M Menjadi Guru Agama Kristen,cetakan kedua, (Bandung: Generasi Info Media, 2007)

¬¬¬_______ PAK dalam Masyarakat Majemuk, ed. Saur Hasugian, cetakan kedua, (Bandung: Bina Media Informasi, 2009)

Narramore, Clyde M. Liku-liku Problem Rumah Tangga, peny. Gerit J. Tiendas, cet.3, (Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 1993)

Nuhamara, Daniel. Pembimbing PAK, (Bandung: Jurnal Info Media, 2009)

Panjaitan, Sekolah Minggu, (Jakarta : BPK Gunung Mulia, 2013)

Prasetya. Pola Asuh Orang tua, (Jakarta: Rineka Cipt, 2003)

Revanino, Jones. Anak Sekolah Minggu, (Jakarta : BPK Gunung Mulia, 1982)

Riswandi, Budi Agus. Pembatasan dan Pengecualian Hak Cipta di Era Digital, (Bandung: Citra Aditya Bakti, 2017)

S. Nasrudin, Metode Research¸(bandung: Jemars, 1982)

Samsudin, Buku Ajar Pembelajaran Kritik Sastra, cet-1, (Yogyakarta: Deepublish, 2019)

Santrock, J.W. Life-Span Development, (Jakarta: Erlangga, 2002)

Santrock, Jhon. Perkembangan Masa Hidup, (Jakarta: Erlangga, 2002)

Schaltzman & Anselm L. Strauss, Field Research: Strategi for Natural Sosiology, (Jersey. Prentice – 1873), 110-111

Setiawani, Mary Go. Menerobos Dunia Anak, (Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2004)

¬¬¬_______. Pembaharuan Mengajar, cetakan ke-4, (t.k.: Yayasan Kalam Hidup, 2000)

Severe, Sal. Bagaimana Bersikap pada Anak Agar Anak Prasekolah Anda Bersikap Baik, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,)

Shapiro, Laurence S. Mengaja Emosional Intelegensi Pada Anak, (Jakarta: Gramedia, 1999)

Shelly, Judith Allan. Kebutuhan Rohani Anak: Pedoman untuk Para Orangtua, Guru, Perawat, Pen. Tan Giok Lie,(Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 1982)

Siahaan, Daniel. Tabloid Reformata: Ingin Kembalikan Peran Orang Tua Dalam Pembinaan Iman Anak, (Jakarta: Yayasan Pelayanan Media Antiokhia/YAPAMA, 2005)

Simanjuntak Bungaran Antonius. (ed), Harmonius Family, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2013)

Siswojoyo, Metode Penelitan sosial I, ( Jakarta: Depdikbud Dirjendikti PPLPTK, 1987), 78-79

Situmorang, S. dkk, Pedoman Pembinaan Sekolah Minggu, (Jakarta: Proyek Bimbinngan dan Da’wah Agama Protestan Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Kristen Protestan Departemen Agama, 1994)

Sjarkawi, Pembentukan Kepribadian Anak, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006)

So, Yehuda dan Jarot Wijanarko, Menjadi Seorang Ayah Di Era Mileneal, (Serpong: Happy Holy Kids, 2018)

Sugiono, Metode penelitian Pendidikan: pendidikan kualitatif, kualitatif dan R&D. (Bandung:Alfabeta, 2008)

Sukiyat, Strategi Implementasi Pendidikan Karakter, (Surabaya: Jakad Media Publishing, 2020)

Sukmadinata, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Graha Aksara, 2006)

Susanto, Ahmad. Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-Kanak, cet-1, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2015)

Sutanto, Leo. Kiat Sukses Mengelola dan Mengajar Sekolah Minggu: Panduan Praktis untuk Menyegarkan, Memotivasi, dan Mengilhami Guru dan Aktivitas Sekolah Minggu, Cet-1(Jogjakarta: Andi 2008)

Taher, Elsza Peldi. Merayakan Kebebasan Berarga, (Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2009)

Thoha dkk, Metodologi Pengajaran Agama, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004)

Thompson,Marjorie L. Keluarga Sebagai Pusat Pembentukan: Sebuah Visi Tentang Peranan Keluarga Dalam Pembentukan Rohani, peny. Oloria Silean-Situmorang,cet.3,(Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2001)

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2008)

Tomatala, Yakob Pemimpin Yang Handal: Pengembangan Sumber Daya Manusia Kristen Menjadi Pemimpin Kompeten, cet. Ke-3, Jakarta: YT Leadership Foundation, 2000)

Tong, Stephen Membesarkan Anak Dalam Tuhan, (Jakarta: PT. Tangga Pustaka, 2010)

_______. Arsitek Jiwa I, (Surabaya : Momentum Christian Literature, 2008)

Tridhonanto, Mengembangkan Pola Asuh Demokratis, (Jakarta: Alex Media Komputindo, 2014)

Tualeka, Basa Alim. Nilai Agung Kepemimpinan Spiritual, (Jakarta: Alex Media Komputindo, 2014)

Twiningsih, Anik dan Fepi Triminur H., Ayah Terlibat Keluarga Hebat, Jurus Jitu Membangun Karakter Pada Anak, Jawa Timur: CV beta Aksara, 2019)

Wijanarko, Jarot. Mendidik Memotivasi Anak, Jakarta: Suara Pemulihan, 2010)

Wijayani, Agustina. Loving Kids Like Jesus, Refleksi sederhana tentang susah indahnya mengajar sekolah minggu, (Yogyakarta: Gloria Graffa, 2007)

Williamson,G. I. Katekismus Singkat Westminster, cet 2, (Surabaya: Momentum, 2008)

Wiyani, Novan Ardy & Barnawi, Format PAUD, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2016)

Yusuf, A. Muri. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan, cet ke-4, (Jakarta: Kencana, 2017)

Abstract viewed = 869 times

Citation

Published

2021-04-29

How to Cite

Wangania, J., & Takaliuang, J. J. (2021). HARMONISASI POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PENGAJARAN SEKOLAH MINGGU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI BERDASARKAN NILAI-NILAI SPIRITUAL DI GKPB JEMAAT GALANG NING SABDA CICA BALI. Missio Ecclesiae, 10(1), 19–36. https://doi.org/10.52157/me.v10i1.127

Issue

Section

Articles