Manfaat dan Tantangan Moral Penggunaan Internet dalam Budaya Digital di Dunia Pendidikan, serta Tanggapan Etis Kristen

Authors

  • Leniwan Darmawati Gea Sekolah Tinggi Teologi ATI Anjungan Pontianak
  • Kana Kana Sekolah Tinggi Teologi ATI Anjungan Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.52157/mak.v2i1.234

Keywords:

moral, internet, dunia pendidikan, etis Kristen

Abstract

Penelitian ini bertujuan menyelidiki manfaat dan tantangan moral yang umumnya terjadi dikalangan pengguna internet dalam konteks dunia pendidikan. Internet pada satu sisi memberikan manfaat yang baik, tetapi juga dapat menjerumuskan para penggunanya, khususnya para pelajar kepada penyimpangan moral. Beberapa penyimpangan moral yang sering terjadi di dunia pendidikan seperti plagiarisme, akses situs porno, cyber bullying, penyebaran berita bohong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan, dan sumber pustaka yang digunakan adalah artikel jurnal online. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penyalahgunaan internet yang tidak sesuai dengan manfaatnya menurut nilai-nilai etis Kristen merupakan penyimpangan moral dan terlebih lagi merupakan dosa. Untuk menyikapinya, diperlukan sikap etis Kristen dengan cara menanamkan nilai-nilai Kristen agar para pelajar sebagai pengguna internet dapat menggunakannya sesuai dengan kebenaran Allah.

References

Adiarsi, Gracia Rachmi, Yolanda Stellarosa, and Martha Warta Silaban. “Literasi Media Internet Di Kalangan Mahasiswa.” Humaniora 6, no. 4 (2015): 470–82. https://doi.org/10.21512/humaniora.v6i4.3376.

Adoe, Osaribka, and Sonya Debora Atty. “Mengatasi Masalah Bullying Di Kalangan Remaja Melalui Konseling Kristen.” Jurnal Teologi Injili 3, no. 1 (2023): 25–36. https://jurnal.sttati.ac.id/index.php/jti/article/view/49.

Blegur, Romelus. “Perspektif Teologis Tentang Makna ‘ Kehadiran ’ Dalam Kultur Digital.” Studia Philosophica et Theologica 22, no. 2 (2022): 246–61. https://doi.org/10.35312/spet.v22i2.454.

Brata, H. Yat Rospia, Agus Budiman, and Faizal Yan Aulia. “Dimensi Hambatan Dan Tantangan Dalam Fundamentalisme Agama.” Cakrawala Galuh 2, no. 7 (2013): 8.

Franky, Franky. “Berintegritas Di Era Digital: Suatu Upaya Pelayanan Pastoral Konseling Untuk Lepas Dari Jerat Pornografi.” Jurnal Teologi Injili 2, no. 2 (2022): 120–138. https://jurnal.sttati.ac.id/index.php/jti/article/view/35.

Gafar, and Abdoel. “Penggunaan Internet Sebagai Media Baru Dalam Pembelajaran.” jurnal ilmiah univeristas Batanghari Jambi 8, no. 2 (2008): 36–43.

Hasanah, Uswatun. “Metode Pengembangan Moral Dan Disiplin Bagi Anak Usia Dini.” Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak 2, no. 1 (2018).

Manoppo, Febri Kurnia, Firmanians Tuerah, Roman Kakalang, and Hasia Mamonto. “Pencegahan Plagiarisme Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Secara Daring Di SMA Negeri 9 Manado.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8, no. 7 (2022): 55–65.

Murtadha, Ali, and Muhammad Arifin. “Pemanfaatan Internet Untuk Belajar Pada Mahasiswa” (2012): 37–49.

Ningtyas Yuhana dewi Sari. “HUBUNGAN ANTARA SELF CONTROL DENGAN INTERNET ADDICTION Pada Mahasiswa.” Education Psychology 1, no. 1 (2012): 25–30.

Novianto, Iik. “PERILAKU PENGGUNAAN INTERNET DI KALANGAN MAHASISWA” (n.d.): 1–40.

Prihatmojo, Agung, and Badawi Badawi. “Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral Di Era 4.0.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 4, no. 1 (2020): 142.

Pringgar, Rizaldy Fatha, and Bambang Sujatmiko. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Siswa.” Journal of Information Engineering and Educational Technology 05, no. 01 (2020): 317–329. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/37489.

Rahman, Danial. “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Dan Informasi.” maktabatun: jurnal perpustakaan dan informasi (2019).

Rajai, Narsi, Idrus Sere, and Saddam Husein. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menyikapi Dampak Negatif Penggunaan Internet.” Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 3, no. 2 (2022): 164.

Rohaya, Siti. “INTERNET: PENGERTIAN, SEJARAH, FASILITAS DAN KONEKSINYA” (2008): 1–16.

S., Hendrikus Endar. “Plagiarisme Sebagai Problem Etis Pendidikan Tinggi Di Indonesia.” In Konferensi Himpunan Dosen Etika Seluruh Indonesia (HIDESI) Ke-26, 1–10. Surabaya: Universitas Ciputra, 2016. https://repository.unpar.ac.id/bitstream/handle/123456789/4458/maklhsc334_Hendrikus_Plagiarisme sebagai problem-p.pdf?sequence=3&isAllowed=y.

Suryani Wijaya STAIN Samarinda, Ida. “Komunikasi Interpersonal Dan Iklim Komunikasi Dalam Organisasi.” Jurnal Dakwah Tabligh 14, no. 1 (2013): 115–126.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Gea, L. D., & Kana, K. (2023). Manfaat dan Tantangan Moral Penggunaan Internet dalam Budaya Digital di Dunia Pendidikan, serta Tanggapan Etis Kristen. Makarios: Jurnal Teologi Kontekstual, 2(1), 25–35. https://doi.org/10.52157/mak.v2i1.234

Issue

Section

Articles