About the Journal

Focus and Scopes

Missio Ecclesiae adalah jurnal open access yang menerbitkan artikel tentang praktek, teori, dan penelitian dalam bidang teologi, misiologi, konseling pastoral, kepemimpinan Kristen, pendidikan Kristen, dan filsafat agama melalui metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Kriteria publikasi jurnal ini didasarkan pada standar etika yang tinggi dan kekakuan metodologi dan kesimpulan yang dilaporkan.

Review Policy

Naskah yang diserahkan pertama kali di-review oleh editor dan harus bebas dari isi plagiarisme, batas maksimum kesamaan adalah 20%. Naskah yang diserahkan akan dievaluasi, apakah cocok dengan focus dan scope jurnal atau memiliki kelemahan metodologis utama.

Setiap naskah yang dikirimkan akan di-review oleh sedikitnya dua reviewer. Reviewer tidak mengenali identitas para penulis, dan penulis juga tidak mengenali identitas reviewer (metode review yang digunakan adalah double-blind). Proses review akan mempertimbangkan kebaruan, objektivitas, metode, dampak ilmiah, kesimpulan, dan referensi. Komentar reviewer kemudian dikirim ke penulis korespondensi untuk ditindaklanjuti dan ditanggapi sesuai keperluan. Keputusan yang disarankan akan dievaluasi dalam rapat dewan editorial. Setelah itu, editor akan mengirimkan keputusan akhir kepada penulis yang bersangkutan.

Plagiarism Policy

Plagiarisme Meliputi:

  • Merujuk dan/atau mengutip istilah, kata dan/atau kalimat, data dan/atau informasi dari sumber tanpa mengutip sumber dalam catatan kutipan dan/atau tanpa menyatakan sumber secara memadai;
  • Menggunakan sumber ide, opini, pandangan, atau teori tanpa menyatakan sumbernya secara memadai;
  • Merumuskan kata dan/atau kalimat sendiri dari sumber kata dan/atau frase, ide, pendapat, pandangan, atau teori tanpa menyatakan sumber secara memadai;
  • Menyerahkan artikel ilmiah yang diproduksi dan/atau diterbitkan oleh orang lain sebagai sumber pekerjaan ilmiah tanpa mengungkapkan secara memadai.

Pencegahan

Missio Ecclesiae akan memastikan bahwa setiap artikel yang diterbitkan tidak akan melebihi 20% Skor kesamaan. Pemeriksaan plagiarisme akan dilakukan oleh Missio Ecclesiae menggunakan plagiarism Checker X.

Sanksi

Missio Ecclesiae akan memberikan sanksi berupa teguran, surat peringatan, pencabutan artikel, dan pembatalan publikasi.

Publication Frequency

Missio Ecclesiae dipublikasi secara reguler dua kali setahun pada April dan Oktober.

Author Fees

Setiap artikel yang dikirimkan ke Missio Ecclesiae tidak dipungut biaya apapun (no page charge), termasuk gratis biaya pemrosesan dan publikasi artikel. Biaya publikasi ditanggung oleh penerbit jurnal ini.

Open Access Policy

Missio Ecclesiae menyediakan akses terbuka langsung ke isinya (content) dengan memegang prinsip untuk membuat penelitian tersedia secara bebas untuk umum dalam rangka mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.