Menginjili Anak Secara Kreatif: Analisis Dampak Program Unit Pembinaan Pelayanan Anak (UPPA) STT ATI di Kalangan Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.52157/me.v14i1.331Keywords:
menginjili, anak, kreatif, UPPA STT ATIAbstract
Anak adalah ciptaan Allah yang serupa dan segambar dan Allah, namun disamping itu mereka pun orang berdosa yang memerlukan keselamatan. Oleh karena itu, pemberitaan Injil merupakan hal yang penting bagi mereka. Meskipun demikian, tugas tersebut tidak mudah karena itu diperlukan kreativitas untuk menyampaikan Injil sesuai dengan minat dan pemahaman mereka. Hal inilah yang menjadi fokus pelayanan UPPA STT ATI dalam rangka memperlengkapi mahasiswa dan pelayan gereja untuk menghasilkan para pelayan anak yang kreatif dan inovatif. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak program UPPA STT ATI di kalangan mahasiswa STT ATI melalui berbagai pembinaan yang telah dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan beberapa temuan pada para informan yaitu: pertama, mahasiswa memahami tentang penginjilan. Kedua, mahasiswa memahami bahwa penginjilan terhadap anak sangat penting. Ketiga, mahasiswa terlibat dalam program UPPA STT ATI dan memperoleh pembekalan yang memadai untuk melayani anak. Keempat, program UPPA STT ATI efektif bagi mahasiswa dalam melayani anak. Kelima, mahasiswa memiliki kemampuan dan terlibat secara efektif dalam mengijili anak secara kreatif. Keenam, program UPPA berdampak secara signifikan bagi mahasiswa, baik dalam hal membangun kemampuan mereka secara internal, maupun dampak eksternal bagi anak-anak yang diinjili.
Downloads
References
Anon. n.d. “UPPA STT ATI - YouTube.” Retrieved March 6, 2025 (https://www.youtube.com/@uppasttati736).
Atty, Sonya Debora, Doye Kim, Yanti, Leni Marlita, and Romelus Blegur. 2023. “Workshop Dan Pelatihan Kreativitas Dalam Pelayanan Anak Terhadap Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi ATI.” SERVIRE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2):102–17. doi: https://doi.org/10.46362/servire.v3i2.184.
Badai, Kristian, Kaleb Djeremod, and Frets Keriapy. 2020. “Penginjilan Sebagai Upaya Meneguhkan Keyakinan Keselamatan Anak.” HARVESTER: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen 5(2):120–34. doi: 10.52104/harvester.v5i2.42.
Blegur, Romelus, Leniwan Darmawati Gea, Markus Domilius Mastilia Illuko, Franky Franky, and Jitro Remi Praing. 2023. “Mendidik Kesadaran Gereja Terhadap Tugas Misi Allah.” Makarios: Jurnal Teologi Kontekstual 2(2):77–86. doi: https://doi.org/10.52157/mak.v2i2.239.
Blegur, Romelus, Eni Loda Mbinu, Elika Megi, and Jufen Ledo. 2024. “Mengembangkan Pengetahuan Anak Sekolah Minggu Tentang Cerita Alkitab Melalui Alat Peraga.” Akoloutheo: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2):88–97.
Boehlke, Robert R. 2013. Sejarah Perkembangan Pikiran & Praktek Pendidikan Agama Kristen Dari Plato Sampai Ignatius Loyola. 13th ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Creswell, John W. 2014. Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset: Memilih Di Antara Lima Pendekatan. 3rd ed. edited by S. Z. Qudsy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gea, Leniwan Darmawati. 2024. “Mengajar Anak Secara Profesional: Suatu Tuntutan Bagi Guru Sekolah Minggu Di Abad 21.” Saint Paul’s Review 4(1):52–65.
Gulo, Yoriani. 2024. “Analisis Matius 19:13-15 Dan Implementasinya Dalam Pelayanan Penginjilan Anak.” YAYASAN OBOR EMAS INDONESIA: Indonesia Golden Torch Fundation - Program Selamatkan Satu Generasi 1–10.
Karnawati, Karnawati, and Aji Suseno. 2021. “Mewartakan Injil Pada Anak Usia 0-2 Tahun Menggunakan Metode Pembacaan Alkitab Secara Nyaring Di Masa Pandemi.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 3(2):132–47. doi: 10.47167/kharis.v3i2.58.
Lumintang, Stevri Indra. 2009. Misiologia Kontemporer: Menuju Rekonstruksi Theologia Misi Seutuhnya. 2nd ed. Batu: Departemen Multi-Media YPPII.
Nggebu, Sostenis, Yopie F. M. Buyung, and Paulus Bollu. 2024. “Keutamaan Kristus Sebagai Fondasi Utama Penginjilan Berdasarkan Studi Teks Kolose 1:15-20.” Jurnal Teologi Injili 4(2):149–64. doi: https://doi.org/10.55626/jti.v4i2.162.
Packer, J. I., and Thomas C. Oden. 2011. Satu Iman: Konsensus Injili. 1st ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Purba, Maria, Roretta Hutabarat, Sartika Sihotang, and Damayanti Nababan. 2022. “Pendidikan Dan Pembinaan Rohani Anak: Model, Strategi, Dan Peluang.” Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 2(4):106–16. doi: 10.55606/khatulistiwa.v2i4.781.
Richards, Lawrence O. 2000. Mengajarkan Alkitab Secara Kreatif. 4th ed. Bandung: Yayasan Kalam Hidup.
Samly, Deny, and Yohanes Joko Saptono. 2022. “Penanaman Nilai-Nilai Kristen Berdasarkan Ulangan 6:7 Bagi Pertumbuhan Manusia Rohani Anak.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 7(2):194–207. doi: 10.33541/rfidei.v7i2.144.
Stevanus, Kalis. 2020. “Karya Kristus Sebagai Dasar Penginjilan Di Dunia Non-Kristen.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 3(1):1–19. doi: 10.34081/fidei.v3i1.119.
Turansky, Scott, and Joanne Miller. 2014. Menjadi Orang Tua Kristen. 1st ed. Jakarta Barat: Nafiri Gabriel.
Wagner, C. Peter. 1996. Di Atas Puncak Gelombang: Menjadi Seorang Kristen Dunia. Jakarta: Harvest Publication House.
Wahyuni, Sri, Sonya Debora Atty, Doye Kim, Yanti, Natanael, and Balqies. 2024. “Memperlengkapi Mahasiswa / i Melalui Workshop Natal Anak Di STT ATI Anjongan.” Devotio: Jurnal Pengabdian Kepada Mayarakat 1(2):83–95.
Wajabula, Christina Martha, I. Nyoman Sudana Degeng, and Dedi Kuswandi. 2021. “Kontribusi Metode Bermain Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Anak Sekolah Minggu.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 5(1):27–36. doi: 10.46445/ejti.v5i1.320.
Wakefield, Norman, and Robert E. Clark. 1975. “Children and Their Theological Concepts.” in Childhood Education in the Church, edited by R. E. Clark, J. Brubaker, and R. B. Zuck. Chicago: The Moody Bible Institute.
Widiyanto, Mikha Agus, and Nostry. 2021. “Strategi Pelayanan Guru Sekolah Minggu Bagi Pertumbuhan Rohani Anak.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 2(2):276–86. doi: 10.47530/edulead.v2i2.83.
Wiguna, Wiliam. 2021. “Propesionalisme Guru Sekolah Minggu Dalam Menigkatkan Pertumbuhan Rohani Anak Sekolah Minggu.” Jurnal Teologi Rahmat 7(1):63–76.
Yunita, Tulus Raharjo, and Lanny Laras. 2023. “Perspektif Yesus Tentang Anak Dalam Markus 10:13-16 Ditinjau Dari Teori Psikologi Sosial.” Pistis: Jurnal Teologi Terapan 23(1):14–25. doi: https://doi.org/10.51591/pst.v23i1.132.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Missio Ecclesiae

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Missio Ecclesiae is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.