KAJIAN DOGMATIS TENTANG PEMAHAMAN ANGGOTA JEMAAT BUNTU PAYUNG KLASIS MENGKENDEK UTARA MENGENAI KONSEP IMAMAT AM RAJANI MENURUT PANDANGAN CALVIN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KESETARAAN JABATAN PELAYANAN

Authors

  • Harif Patasik Institut Agama Kristen Negeri Toraja

DOI:

https://doi.org/10.52157/me.v12i1.194

Keywords:

imamat am rajani, Calvin, Jabatan

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai di dalam penulisan jurnal ini adalah melalui jurnal ini penulis hendak memaparkan bagaimana pemahaman jemaat mengenai imamat am rajani dan bagaimana implikasinya bagi kesetaraan jabatan pelayanan yang ada di Jemaat Buntu Payung. Di dalam tulisan ini, metode penelitian yang penulis gunakan ialah metode kualitatif. Metode ini merupakan sebuah metode penelitian yang bertujuan untuk memahami pemahaman jemaat tersebut. Selain itu, penulis juga menggunakan kajian pustaka dan melakukan studi literature. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut,penulis dapat menyimpulkan bahwa pada dasarnya sebagian warga jemaat kurang memahami apa sebenarnya itu imamat am dan rajani, tetapi warga jemaat sudah mengetahui mengenai jabatan jabata gerejawi yang ada di dalam sebuah gereja. Pendapat calvin pun mengambil bagian di dalam masalah imamat am rajani yang mana berkaitan juga dengan jabatan gerejawi. Karena gereja Toraja masuk ke dalam system presbiterial sinodal maka jabatan pelayanan harus setara di dalam lingkup gereja . 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aritonang, J. S. (20000). Berbagai Aliran di dalam dan sekitar Gereja. PT BPK Gunung Mulia.

David j Bosch. (1991). Transformasi Misi Gereja (David J bosch (Ed.)). PT BPK Gunung Mulia.

Dr.J.L.Ch. Abieno. (1994). Garis Garis Besar Hukum Gereja. PT BPK Gunung Mulia.

Hudaya, N. (2021). Imamat Am Orang Percaya Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Misi Dalam Konteks Pluralisme Di Indonesia. Teologi Dan Pengembangan Pelayanan, Vol 11, 01–25.

Hummel, U. (2017). Imamat Am orang Percaya sebagai kekuatan misioner. Teologi Kontekstual, VOL. 7.

Jr, B. N. (1997). Kamus Bahasa Yunani-Indonesia. PT BPK Gunung Mulia.

M.Marbun, S. (2018). Umat Allah Sebagai Imamat Rajani: Refleksi atas 1 Petrus 2:9. Uwais Inspirasi Indonesia.

Patilima, H. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. ALFABETA.

Sartikha Rombeallo,Wawancara oleh Penulis,Toraja,Indonesia, 07 Maret 2022. (n.d.).

Tamaweol, R. D. (2020). Jabaan Gerejawi Menurut Calvin Dan Implikasinya Bagi Organisasi dan Tata Gerej di Masa Kini. Educatio Christi.

Toraja, B. G. (n.d.). Tata Gereja Toraja. Sulo.

Toraja, B. G. (2008). Tata Gereja,Gereja Toraja. PT Sulo.

Veli-Matti, K. (2000). An Introduction to ecclesiology:ecumenical,hostorical,and global perspective. Downers Grove, Vol.3.

Abstract viewed = 197 times

Citation

Downloads

Published

2023-05-12

How to Cite

Patasik, H. (2023). KAJIAN DOGMATIS TENTANG PEMAHAMAN ANGGOTA JEMAAT BUNTU PAYUNG KLASIS MENGKENDEK UTARA MENGENAI KONSEP IMAMAT AM RAJANI MENURUT PANDANGAN CALVIN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KESETARAAN JABATAN PELAYANAN . Missio Ecclesiae, 12(1), 28–36. https://doi.org/10.52157/me.v12i1.194

Issue

Section

Articles