Keterlibatan Keluarga Dalam Pendidikan Karakter Mengampuni Pada Anak Usia Muda
DOI:
https://doi.org/10.52157/me.v12i2.195Kata Kunci:
Keluarga, Pendidikan Karakter, Mengampuni, Usia MudaAbstrak
Abstrak
Penelitian ini berbicara mengenai tinjauan pendidikan agama dalam keluarga sebagai landasan karakter mengampuni pada usia muda. Hal ini dilakukan karena semakin banyaknya kasus bunuh diri, lari dari rumah, narkoba, seks bebas di kalangan muda-mudi. Terjadinya kasus-kasus tersebut dilatarbelakangi pendidikan agama dalam keluarga yang tidak memadai dan hubungan keluarga yang tidak harmonis. Akhirnya anak-anak dalam usia muda terikat pada amarah dan dendam yang dibalaskan dengan merusak diri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif dan model interaktif. Dasar dari penelitian merujuk kepada teori Thomas Lickona mengenai pendidikan karakter dan Matt Chandler dan Adam Griffin pemuridan dalam keluarga. Hasil ditemukan bahwa keterlibatan orang tua dalam mendidik anak mengampuni sesuai Firman Tuhan sangat mempengaruhi perkembangan karakter anak diusia muda. Pada usia muda dapat bersosialisasi dengan baik dan dapat menerima dan mengampuni kesalahan atau kekurangan keluarga dan teman-teman.
Kata Kunci: Keluarga, Pendidikan Karakter, Mengampuni, Usia Muda
Unduhan
Referensi
Budiyana, Hardi. “Perspektif Alkitab Terhadap Keluarga Kristen”, Jurnal Pendidikan
Agama Kristen Regula Fidei, Vol. 3, no. 2. September 2018. Diakses 17 November 2020.
Chandler, Matt, dan Adam Griffin. Family Discipleship:Memuridkan Keluarga Melalui
Waktu Sehari-hari, Momen-Momen Berharga, dan Memori-Memori Bersejarah. Diterjemahkan oleh Okdriati S. Handoyo. Yogyakarta: Katalis, 2020.
Gandasetiawan, Ratih Zimmer. Mendesain Karakter Anak Melalui Sensormotorik. Jakarta:
Libri, 2011.
Lickona, Thomas. “Eleven Principles of Effective Character Education.” Journal of Moral
Education 25, no. 1 (Maret 1, 1996): 93–100.
Moleong, Lexy J. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1989.
Sihombing, Roma. “Kemerosotan Moral Pemuda Ditinjau dari Perspektif Alkitab dan
Implikasinya pada Masa Kini.” Kerugma: Jurnal Teologi dan Penndidikan Agama Kristen 1, No. 1 (Juni 2019): 17–28.
“Dinamika Hidup Generasi Muda Kristen Indonesia.” Diakses Desember 1, 2021.
http://bilanganresearch.com/dinamika-hidup-generasi-muda-kristen-indonesia.html.
Clarke, Adam Genesis 1:28, Adam Clarke’s Commentary on The Bible, 2017. E-Sword X
Dalmeri, “Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter”, Al-Ulum, Volume. 14 Nomor 1.
Juni 2014. Diakses 17 November 2020,
Gandasetiawan, Ratih Zimmer. Mendesain Karakter Anak Melalui Sensormotorik. Jakarta:
Libri, 2011.
GP, Harianto Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa Kini.
Yogyakarta, ANDI, 2012.
Gunarsa, Yulia Singgih D. dan Singgih D. Gunarsa. Psikologi Untuk Keluarga. Jakarta, Libri, 2012.
Gunarsa, Yulia Singgih D. Asas-Asas Psikologi Keluarga Idaman. Jakarta, Libri, 2012.
Holdcroft, Barbara. “What Is Religiosity?”. Catholic Education: A Journal of Inquiry and
Practice, Vol. 10, No. 1, September 2006.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Pengembangan Pendidikan Budaya dan
Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
Köstenberger, Andreas J. and David W. Jones, od, Marriage, and Family: Rebuilding the
Biblical Foundation. Wheaton, Crossway Books, 2004.
Lickona, Thomas Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland:Bantam books, 1991.
Lickona, Thomas. “Eleven Principles of Effective Character Education.” Journal of Moral
Education 25, no. 1 (Maret 1, 1996): 93–100.
Lumintang, Stevri Indra dan Danik Astuti Lumintang, Theologia Pernikahan Kristen di
Tengah Krisis. Jakarta, Geneva Insani Indonesia, 2016.
Marbun, Stefanus, Keajaiban Pengampunan, Jakarta: Metanoia.
Moleong, Lexy J. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1989.
Powlison, David Memandang Dengan Perspektif Baru: Konseling dan Kondisi Manusia
Melalui Lensa Alkitab. Surabaya, Momentum, 2011.
R.C, Sproul. Kaum Pilihan Allah. Malang, Dep. Literatur SAAT, 2000.
Suprayitno, Adi dan Wahid Wahyudi. Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Yogyakarta,
Deepublish, 2020.
Sjiamsuri, Leonardo A. Keluarga Bahagia Ditengah Perbuahan Zaman. Jakarta, Nafiri
Gabriel, 2016.
Tim Lane dan Paul Trip, Relasi: Kekusutan yang Layak Dihadapi. Surabaya, Momentum,
Wilhoit, James C. Spiritual Formation as if the Church Mattered: Growing in Christ through Community.Grand Rapids, MI: Baker Academic. 2008.
“Dinamika Hidup Generasi Muda Kristen Indonesia.” Diakses Desember 1, 2021.
http://bilanganresearch.com/dinamika-hidup-generasi-muda-kristen-indonesia.html.
Siregar, Jundo Parasian “Pengembangan Watak Kristen Melalui Pengampunan,” Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, Volume 1, No 1, (Maret 2020): 33
Yount, William, Created To Learn. Published by B&H Publishing Group Nashville, Tennessee, 2010.
Soeherman, Sylvia, “Tujuan Pengajaran Gereja Dan Implikasinya”
Veritas 4/1 (April 2003): 115
https://www.heartlandforgiveness.com/model-and-definition-of-forgiveness, dikases 2 Oktober 2020.
Abstrak viewed = 160 times
Citation
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Missio Ecclesiae
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Missio Ecclesiae is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.