Keterlibatan Keluarga Dalam Pendidikan Karakter Mengampuni Pada Anak Usia Muda

Penulis

  • Ade Efra Anugrah Prodi Pascasarjana Sekolah Tinggi Teologi Seminari Alkitab Asia Tenggara, Malang

DOI:

https://doi.org/10.52157/me.v12i2.195

Kata Kunci:

Keluarga, Pendidikan Karakter, Mengampuni, Usia Muda

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini berbicara mengenai tinjauan pendidikan agama dalam keluarga sebagai landasan karakter mengampuni pada usia muda. Hal ini dilakukan karena semakin banyaknya kasus bunuh diri, lari dari rumah, narkoba, seks bebas di kalangan muda-mudi. Terjadinya kasus-kasus tersebut dilatarbelakangi pendidikan agama dalam keluarga yang tidak memadai dan hubungan keluarga yang tidak harmonis. Akhirnya anak-anak dalam usia muda terikat pada amarah dan dendam yang dibalaskan dengan merusak diri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif dan model interaktif. Dasar dari penelitian merujuk kepada teori Thomas Lickona mengenai pendidikan karakter dan Matt Chandler dan Adam Griffin pemuridan dalam keluarga. Hasil ditemukan bahwa keterlibatan orang tua dalam mendidik anak mengampuni sesuai Firman Tuhan sangat mempengaruhi perkembangan karakter anak diusia muda. Pada usia muda dapat bersosialisasi dengan baik dan dapat menerima dan mengampuni kesalahan atau kekurangan keluarga dan teman-teman.

 

Kata Kunci: Keluarga, Pendidikan Karakter, Mengampuni, Usia Muda

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Budiyana, Hardi. “Perspektif Alkitab Terhadap Keluarga Kristen”, Jurnal Pendidikan

Agama Kristen Regula Fidei, Vol. 3, no. 2. September 2018. Diakses 17 November 2020.

Chandler, Matt, dan Adam Griffin. Family Discipleship:Memuridkan Keluarga Melalui

Waktu Sehari-hari, Momen-Momen Berharga, dan Memori-Memori Bersejarah. Diterjemahkan oleh Okdriati S. Handoyo. Yogyakarta: Katalis, 2020.

Gandasetiawan, Ratih Zimmer. Mendesain Karakter Anak Melalui Sensormotorik. Jakarta:

Libri, 2011.

Lickona, Thomas. “Eleven Principles of Effective Character Education.” Journal of Moral

Education 25, no. 1 (Maret 1, 1996): 93–100.

Moleong, Lexy J. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1989.

Sihombing, Roma. “Kemerosotan Moral Pemuda Ditinjau dari Perspektif Alkitab dan

Implikasinya pada Masa Kini.” Kerugma: Jurnal Teologi dan Penndidikan Agama Kristen 1, No. 1 (Juni 2019): 17–28.

“Dinamika Hidup Generasi Muda Kristen Indonesia.” Diakses Desember 1, 2021.

http://bilanganresearch.com/dinamika-hidup-generasi-muda-kristen-indonesia.html.

Clarke, Adam Genesis 1:28, Adam Clarke’s Commentary on The Bible, 2017. E-Sword X

Dalmeri, “Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter”, Al-Ulum, Volume. 14 Nomor 1.

Juni 2014. Diakses 17 November 2020,

Gandasetiawan, Ratih Zimmer. Mendesain Karakter Anak Melalui Sensormotorik. Jakarta:

Libri, 2011.

GP, Harianto Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa Kini.

Yogyakarta, ANDI, 2012.

Gunarsa, Yulia Singgih D. dan Singgih D. Gunarsa. Psikologi Untuk Keluarga. Jakarta, Libri, 2012.

Gunarsa, Yulia Singgih D. Asas-Asas Psikologi Keluarga Idaman. Jakarta, Libri, 2012.

Holdcroft, Barbara. “What Is Religiosity?”. Catholic Education: A Journal of Inquiry and

Practice, Vol. 10, No. 1, September 2006.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Pengembangan Pendidikan Budaya dan

Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Köstenberger, Andreas J. and David W. Jones, od, Marriage, and Family: Rebuilding the

Biblical Foundation. Wheaton, Crossway Books, 2004.

Lickona, Thomas Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland:Bantam books, 1991.

Lickona, Thomas. “Eleven Principles of Effective Character Education.” Journal of Moral

Education 25, no. 1 (Maret 1, 1996): 93–100.

Lumintang, Stevri Indra dan Danik Astuti Lumintang, Theologia Pernikahan Kristen di

Tengah Krisis. Jakarta, Geneva Insani Indonesia, 2016.

Marbun, Stefanus, Keajaiban Pengampunan, Jakarta: Metanoia.

Moleong, Lexy J. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1989.

Powlison, David Memandang Dengan Perspektif Baru: Konseling dan Kondisi Manusia

Melalui Lensa Alkitab. Surabaya, Momentum, 2011.

R.C, Sproul. Kaum Pilihan Allah. Malang, Dep. Literatur SAAT, 2000.

Suprayitno, Adi dan Wahid Wahyudi. Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Yogyakarta,

Deepublish, 2020.

Sjiamsuri, Leonardo A. Keluarga Bahagia Ditengah Perbuahan Zaman. Jakarta, Nafiri

Gabriel, 2016.

Tim Lane dan Paul Trip, Relasi: Kekusutan yang Layak Dihadapi. Surabaya, Momentum,

Wilhoit, James C. Spiritual Formation as if the Church Mattered: Growing in Christ through Community.Grand Rapids, MI: Baker Academic. 2008.

“Dinamika Hidup Generasi Muda Kristen Indonesia.” Diakses Desember 1, 2021.

http://bilanganresearch.com/dinamika-hidup-generasi-muda-kristen-indonesia.html.

Siregar, Jundo Parasian “Pengembangan Watak Kristen Melalui Pengampunan,” Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, Volume 1, No 1, (Maret 2020): 33

Yount, William, Created To Learn. Published by B&H Publishing Group Nashville, Tennessee, 2010.

Soeherman, Sylvia, “Tujuan Pengajaran Gereja Dan Implikasinya”

Veritas 4/1 (April 2003): 115

https://www.heartlandforgiveness.com/model-and-definition-of-forgiveness, dikases 2 Oktober 2020.

Abstrak viewed = 160 times

Citation

Diterbitkan

2023-10-31

Cara Mengutip

Anugrah, A. E. (2023). Keterlibatan Keluarga Dalam Pendidikan Karakter Mengampuni Pada Anak Usia Muda. Missio Ecclesiae, 12(2), 133–146. https://doi.org/10.52157/me.v12i2.195

Terbitan

Bagian

Articles