Pengaruh Kualitas Pengajaran, Kualitas Pelayanan akademik dan Lingkungan Belajar Virtual pada Kepuasan Mahasiswa Pascasarjana dalam Perkuliahan Daring

Penulis

  • Grace Manaransyah Institut Teknologi dan Bisnis Asia; Institut Injil Indonesia
  • Agus Rahman Institut Teknologi dan Bisnis Asia
  • Ike Kusdyah Rachmawaty Institut Teknologi dan Bisnis Asia

DOI:

https://doi.org/10.52157/me.v12i2.205

Kata Kunci:

Kualitas pengajaran, kualitas pelayanan akademik, lingkungan belajar virtual, kepuasan mahasiswa

Abstrak

Penting bagi perguruan tinggi untuk memperhatikan kepuasan pengguna jasa pendidikan karena hal ini berkontribusi besar pada kemajuan perguruan tinggi. Kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran daring dipengaruhi oleh kualitas pengajaran, kualitas pelayanan akademik, dan lingkungan belajar. Mahasiswa yang merasa puas dengan ketiga faktor antara lain kualitas pengajaran, kualitas pelayanan akademik, dan lingkungan belajar cenderung memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi. Namun, masih terdapat kesenjangan penelitian yang perlu diisi, terutama dalam hal mengukur pengaruh masing-masing faktor secara lebih spesifik dan menyeluruh, serta mempertimbangkan faktor lain yang dapat mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pengajaran terhadap kepuasan mahasiswa, (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh  kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa, (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lingkungan belajar terhadap kepuasan mahasiswa, (4) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pengajaran, kualitas pelayanan akademik dan lingkungan belajar secara bersamaan terhadap kepuasan mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausalitas dengan pendekatan penelitian metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 119 mahasiswa pasca sarjana dengan sampel yang digunakan adalah 30 mahasiswa pasca sarjana. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas pengajaran berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan mahasiswa, (2) Kualitas pelayanan akademik secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa, (3) Lingkungan belajar secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa, dan (4) Kualitas pengajaran, kualitas pelayanan akademik dan lingkungan belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adewale, S., and M. B. Tahir. 2022. “Virtual Learning Environment Factors as Predictors of Students’ Learning Satisfaction during COVID-19 Period in Nigeria.” Asian Association of Open Universities Journal 17(2):120–33. doi: https://doi.org/10.1108/AAOUJ-10-2021-0121.

Andriani, D., Y. S. Kusumah, and J. Sabandar. 2020. “Teacher’s Teaching Skills and Student’s Mathematics Achievement in Indonesia.” International Journal of Science and Mathematics Education 18(5):889–903.

Basir, H. 2019. “Ekspektasi Dan Tingkat Kepuasan Praja Terhadap Kualitas Pelayanan Lembaga Pendidikan Di Ipdn Kampus Sulawesi Utara.” TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan 33–45. doi: https://doi.org/10.33701/jt.v9i1.608.

Cahyoadi, B., and G. B. Loisa. 2019. “Pengaruh Kinerja Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Terhadap Kepuasan Mahasiswa Untuk Meningkatkan Loyalitas Dengan Pencitraan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa STKIP PGRI Tulungagung).” Indonesian Journal of Strategic Management 2(2).

Carolina. 2020. “Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Pada Era Pandemi Covid 19.” P. 2 in Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS).

Dharmawansa, A. D., K. T. Nakahira, and Y. Fukumura. 2013. “Detecting Eye Blinking of a Real-World Student and Introducing to the Virtual e-Learning Environment.” Pp. 717– 26 in Procedia Computer Science.

Faghihi, F., A. R. A. Nejad, and M. Mohammadi. 2020. “The Effect of Instructional Technology Integration on Critical Thinking and Creativity of Iranian EFL Learners.” International Journal of Science and Mathematics Education 18:905–19.

Firdaus, S., D. H. Suwiryo, and F. Sukmawaty. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan akademik Dan Kompetensi Dosen Terhadap Kepuasan Mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Muqoddimah 5(2):320–28.

Hakim, M., and A. Mulyapradana. 2020. “Pengaruh Penggunaan Media Daring Dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemik Covid-19.” Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen 4(2):154–60. doi: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8853.

Kotler, Philip., and Kevin L. Keller. 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.

Luoto, Jennifer, Kirsti Klette, and Marte Blikstad-Balas. 2022. “Possible Biases in Observation Systems When Applied across Contexts: Conceptualizing, Operationalizing, and Sequencing Instructional Quality.” Educational Assessment Evaluation and Accountability 35:2–3. doi: DOI:10.1007/s11092-022-09394-y.

Nur, M., N. Subekti, and A. H. Sutawidjaya. 2020. “The Effect of Cooperative Learning Model on the Quality of Mathematics Teaching and Students’ Learning Outcomes.” International Journal of Science and Mathematics Education 18(5):921–36.

Nurhayati, N., R. Wulandari, and N. N. Sukmawati. 2021. “The Effect of E-Service Quality and E-Teaching Quality on Student Satisfaction in Daring Learning During Covid-19 Pandemic.” Journal of Educational Sciences and Learning Innovation 2(1):54–63.

Prasetyo, H. A. 2013. Matematika Melalui Student Teams Achievement Division ( Stad ) Berbantuan Komputer.

Puspasari, D. 2021. “Pengaruh Kualitas Pembelajaran Terhadap Kepuasan Mahasiswa.” ETNIK: Jurnal Ekonomi Dan Teknik 1(3):181–90.

Rokhani, S., and P. R. Marlianingrum. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Pembelajaran Daring Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dimasa Pandemi Covid-19.” Journal of Management Small and Medium Enterprises (SMEs) 14(3):291–310.

Sadewa, P., and R. Damayanti. 2023. “Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Lingkungan Kampus Terhadap Kepuasan Mahasiswa S1 Akuntansi Perguruan tinggi Pamulang.” SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business 6(1):65–73.

Setiawardani, M. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung.” Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi 4(1):40. doi: https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i1.991.

Suarman. 2015. “Teaching Quality and Students Satisfaction: The Intermediatory Role of Relationship between Lecturers and Students of the Higher Learning Institutes.” Mediterranean Journal of Social Sciences 6(2):626–32. doi: https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n2p626.

Yusny, R., and G. Ibnu Yasa. 2019. “Mengembangkan (Pembelajaran) Blended Learning Dengan Sistem Lingkungan Pembelajaran Virtual (VLE) Di PTKIN.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 19(1):103. doi: https://doi.org/10.22373/jiif.v19i1.3707.

Abstrak viewed = 299 times

Citation

Diterbitkan

2023-10-31

Cara Mengutip

Manaransyah, G., Rahman, A. ., & Rachmawaty, I. K. . (2023). Pengaruh Kualitas Pengajaran, Kualitas Pelayanan akademik dan Lingkungan Belajar Virtual pada Kepuasan Mahasiswa Pascasarjana dalam Perkuliahan Daring. Missio Ecclesiae, 12(2), 121–132. https://doi.org/10.52157/me.v12i2.205

Terbitan

Bagian

Articles