Kontribusi Psikologi Pendidikan Bagi Mentor dan Tutor di Pusat Pengembangan Anak “Dorkas” (PPA) Gereja Misi Injili Indonesia “Tesalonika” Batu

Penulis

  • Olivia Masihoru Institut Injil Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52157/me.v13i1.249

Kata Kunci:

kontribusi, psikologi pendidikan, mentor dan tutor, PPA

Abstrak

Pengetahuan atau pemahaman mengenai psikologi pendidikan harus menjadi kebutuhan yang mendasar bagi para pendidik. Penelitian ini dilakukan di Pusat Pengembangan Anak “Dorkas” Batu dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman para mentor dan tutor mengenai pengetahuan psikologi pendidikan serta problematika yang dialami dalam pelayanan di PPA “Dorkas” terkait dengan proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatam penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yakni melakukan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi dengan para mentor dan tutor, serta pengurus PPA “Dorkas”. Analisa data menunjukkan bahwa sebagian besar mentor dan tutor belum pernah belajar psikologi pendidikan sehingga pemahaman mengenai psikologi pendidikan belum secara mendalam. Menurut para mentor dan tutor di PPA “Dorkas”, psikologi pendidikan penting untuk dipelajari dan bermanfaat dalam pelayanan anak di PPA “Dorkas” karena memperlengkapi para mentor dan tutor untuk lebih memahami anak-anak yang dilayani. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk para mentor dan tutor perlu mempelajari pengetahuan ini melalui buku-buku, internet juga mengikuti seminar pendidikan yang berkaitan dengan psikologi pendidikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anon. n.d. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang-Undang No.14 Th 2005 Tentang Guru & Dosen. VisiMedia.

Anser, Muhammad Khalid, Muhammad Azhar Khan, Usama Awan, Rubeena Batool, Khalid Zaman, Muhammad Imran, Sasmoko, Yasinta Indrianti, Aqeel Khan, and Zainudin Abu Bakar. 2020. “The Role of Technological Innovation in a Dynamic Model of the Environmental Supply Chain Curve: Evidence from a Panel of 102 Countries.” Processes 8(9):1033.

Antiokhia, Y. P. M. 2010. Tabloid Reformata Edisi 128 Juni 2010. Yayasan Pelayanan Media Antiokhia (YAPAMA).

Budiyana, Hardi. 2020. “Peran Psikologi Dalam Pendidikan Kristen Di Sekolah Kristen.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 1(1):79–91.

Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2019. “Psikologi Pendidikan.”

Fitri Ayu Fatmawati, M. P. 2020. Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Caremedia Communication.

Hasugian, Johanes Waldes. 2019. “Kurikulum Pendidikan Kristen Bagi Orang Dewasa Di Gereja.” KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen) 5(1):36–53.

Hisyam, Ciek Julyati, and M. Si MM. 2021. Perilaku Menyimpang: Tinjauan Sosiologis. Bumi Aksara.

Ilyas, Ismet P., and Transmissia Semiawan. 2012. “Production-Based Education (PBE): The Future Perspective of Education on Manufacturing Excellent.” Procedia-Social and Behavioral Sciences 52:5–14.

Khodijah, Nyayu. 2014. “Psikologi Pendidikan.”

Kosim, Mohammad. 2021. “Pengantar Ilmu Pendidikan.”

Kusumawati, E., A. Pranadani, and A. Ismail. 2024. Buku Ajar Metodologi Penelitian: Langkah-Langkah Metodologi Penelitian Yang Sistematik. Asadel Liamsindo Teknologi.

Latuheru, Grace, and Tatik Meiyutariningsih. 2021. “Rainforcement Positif Untuk Menurunkan Gejala Impuls Suka Menggangu Teman Pada Anak ADHD.” Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia 6(3):1200–1209.

Magdalena, Ina. 2022. JADI DESAINER PEMBELAJARAN? SIAPA TAKUT! Cendekia Publisher.

Marbun, Stefanus. 2018. Psikologi Pendidikan. Uwais Inspirasi Indonesia.

Pazmiño, R. W. 2008. Foundational Issues in Christian Education: An Introduction in Evangelical Perspective. Baker Publishing Group.

Putra, Ahmad. 2020. “Metode Konseling Individu Dalam Mengatasi Bolos Sekolah Siswa Kelas VIII SMPN 3 Lengayang Sumatera Barat.” HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam 16:112–26.

Rahayu, Wulan Dwiyanti, Heris Hendriana, and Siti Fatimah. 2020. “Perilaku Membolos Peserta Didik Ditinjau Dari Faktor-Faktor Yang Melatarbelakanginya.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 3(3):99–106.

Rahmat, Pupu Saeful. 2021. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.

Rahmawati, Zuli Dwi. 2020. “Penggunaan Media Gadget Dalam Aktivitas Belajar Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Anak.” TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam 3(1):97–113.

Rizqi, M., M. A. Suwandi, N. P. Adriana, E. Puspadewi, F. V Amseke, E. D. Farisandy, D. Djerubu, and M. Syahrul. 2022. Psikologi Pendidikan. Pradina Pustaka.

Sadono, Sentot, and Santy Sahartian. 2020. “Paulus Sebagai Teladan Pendidik Kristen Masa Kini.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5(2):132–47.

Sakerebau, Junier. 2018. “Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran.” BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual 1(1):96–111.

Sepriana, Kurnia Fauza, and Fadhilla Yusri. 2023. “Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Yang Terlambat Di SMA N 1 Harau.” Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 3(1):29–38.

Sidjabat, B. S. 2021. Strategi Pendidikan Kristen. PBMR ANDI.

Soemanto, Wasty. 2020. “Psikologi Pendidikan.”

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2020. “Pengembangan Kurikulum.”

Supriyono, H. M. 2014. “Nasionlalisme Dalam Pendidikan (Refleksi Pembangunan Manusia Indonesia Bermartabat).” in Forum Diskusi Kebangsaan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Suryabrata, Sumadi. 2011. “Psikologi Pendidikan.”

Taufik, Ahmad. 2020. “Interaksi Komunikasi Dalam Pendidikan.” Edification Journal: Pendidikan Agama Islam 2(2):123–32.

Wardan, Khusnul, and D. R. Hj Siti Muri’ah. 2021. “Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja.”

Warsah, Idi, and Muhamad Uyun. 2021. “Psikologi Pendidikan.”

Abstrak viewed = 111 times

Citation

Diterbitkan

2024-04-16

Cara Mengutip

Masihoru, O. (2024). Kontribusi Psikologi Pendidikan Bagi Mentor dan Tutor di Pusat Pengembangan Anak “Dorkas” (PPA) Gereja Misi Injili Indonesia “Tesalonika” Batu. Missio Ecclesiae, 13(1), 36–52. https://doi.org/10.52157/me.v13i1.249

Terbitan

Bagian

Articles