Injil dan Keadilan Gender: Kritik Teologis terhadap Pendidikan Kristen yang Androsentris
DOI:
https://doi.org/10.52157/me.v14i2.412Kata Kunci:
androsentrisme, pendidikan Kristen, teologi feminis, keadilan genderAbstrak
Penelitian ini mengkaji dominasi androsentris dalam Pendidikan Kristen yang secara historis mempertahankan struktur patriarkal dan menyingkirkan pengalaman perempuan dari ruang teologis. Dengan menggunakan metode kualitatif berbasis studi pustaka dan pendekatan teologis-kritis serta hermeneutika, penelitian ini menemukan bahwa bias gender muncul dalam kurikulum, buku ajar, dan praktik pedagogis yang masih berpusat pada pengalaman laki-laki. Melalui analisis hermeneutis terhadap teks-teks Alkitab tentang penciptaan, dosa, dan pelayanan Yesus, penelitian ini menegaskan bahwa Injil menuntut kesetaraan dan transformasi relasional dalam pendidikan. Sintesis teologis yang dihasilkan menegaskan perlunya pembaruan kurikulum dan pedagogi yang berlandaskan prinsip keadilan gender dan nilai-nilai Kerajaan Allah untuk menciptakan pendidikan yang inklusif dan transformatif.
Unduhan
Referensi
Bara, A. L. (2022). Membongkar Kebisuan Perempuan: Kedudukan Perempuan dalam Alkitab Ditinjau dari Perspektif Feminis. Indonesian Journal of Theology, 10(1), 164–166. https://doi.org/10.46567/ijt.v10i1.237
Barnes, M. W. (2022). Catholic Seminarians on “Real Men”, Sexuality, and Essential Male Inclusivity. Religions, 13(4). https://doi.org/10.3390/rel13040352
Cárdenas-Rodríguez, R., Otero Gutiérrez, G., & Monreal-Gimeno, C. (2023). La Educación con Perspectiva de Género Para la Formación Integral del Alumnado. Revista Da FAEEBA - Educação e Contemporaneidade, 32(70), 129–144. https://doi.org/10.21879/faeeba2358-0194.2023.v32.n70.p129-144
Cornelius, E. M. (2021). Attributes of God in Ephesians: Meaning and relevance. HTS Teologiese Studies/Theological Studies, 77(4), 6649. https://doi.org/10.4102/hts.v77i4.6649
Cornwall, S. (2022). Transformative Creatures: Theology, Gender Diversity, and Human Identity. Zygon: Journal of Religion and Science, 57(3), 599–615. https://doi.org/10.1111/zygo.12797
Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (3rd ed.). SAGE.
Crimella, M. (2022). Martha the Hostess and Mary the Listener. A Dialogue with two Feminist Interpretations of Luke 10:38-42. Verbum Vitae, 40(1), 51–67. https://doi.org/10.31743/vv.13543
Cunha, T. C., Pfeil, B. L., & Junior, R. G. de A. (2022). a Pregação Da Opressão. Revista Temporis[Ação], 22(02), 20. https://doi.org/10.31668/rta.v22i02.12446
Ekklesia, D. G. (2022). Draw the Circle Wide(r). Theologia in Loco, 4(1), 19–32. https://doi.org/10.55935/thilo.v4i1.230
Eyo, U. E. (2020). Creation accounts in Gen. 1 & 2: a feminist interpretation. International Journal of Humanities and Innovation (IJHI), 3(1), 29–33. https://doi.org/10.33750/ijhi.v3i1.68
Ezebuilo, H. C. (2020). The Divine Image and Communion of Persons: An Examination of Gender Issues in John Paul II. Philosophia: International Journal of Philosophy, 21(Special Issue), 536–549. https://doi.org/10.46992/pijp.21.si.a.16
Fiorenza, E. S. (2001). Sharing Her Word: Feminist Biblical Interpretation in Context. T & T Clark.
Gómez, G. F. M., & Jara, M. E. A. (2023). Education in equality: Training program for the transversalization of the gender approach. Human Review. International Humanities Review / Revista Internacional de Humanidades, 16(6), 1–13. https://doi.org/10.37467/revhuman.v12.4707
Hetharie, Y. M. (2023). Saling Menghormati di dalam Kasih Kristus. CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika, 4(1), 92–111. https://doi.org/10.46348/car.v4i1.115
Koepping, E. (2022). ‘The Glory of God is a Human Being Fully Alive’ (Irenaeus, Adversus Haereses 4.20.7). Expository Times, 133(12), 521–529. https://doi.org/10.1177/00145246221103920
Maftuchah, F., & Harisman, H. (2024). Kesetaraan Gender di Pesantren (Tinjauan Filsafat Paulo Freire Terhadap Sistem Pendidikan Pondok Pesantren). EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(3), 2742–2751. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6689
Manurung, T. (2022). Analisis Kritis Hakim-Hakim 13:1-25: Menjawab Polemik Kemandulan Dari Perspektif Feminisme. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.36588/sundermann.v15i1.84
Masinambow, Y. (2023). Reorientasi Pendidikan Kristen Melalui Teologi Persahabatan. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.47530/edulead.v4i1.123
Monding, Y. D. (2020). Tinjauan Teologis tentang Pendidikan Seks dari Perspektif Pendidikan Kristiani Transformatif. Pengarah: Jurnal Teologi Kristen, 2(2), 173–182. https://doi.org/10.36270/pengarah.v2i2.39
Nestar, J. L. G. (2023). Claves teológicas del nuevo currículo. Pedagogía y teología en diálogo. Sinite, 63(191), 467–508. https://doi.org/10.37382/sinite.v63i191.843
Ordorika, I. A. (2022). Three Biblical Women Capable of Building an Alternative Female Identity. Revista Estudos Feministas, 30(1). https://doi.org/10.1590/1806-9584-2022v30n174666
Paludo, H. C. da S., & Rodrigues, V. E. R. (2022). Igualdade de gênero: uma análise dos documentos norteadores da educação. Dialogia, 41, e22437. https://doi.org/10.5585/41.2022.22437
Panggabean, J. Z. Z. (2022a). Pendidikan Kristiani Berbasis Berpikir Kritis: Sebuah Tawaran Model Pembelajaran Demokratis Berdasarkan Pemikiran Pendidikan Membebaskan Menurut Paulo Freire. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(2), 127–145. https://doi.org/10.54170/harati.v2i2.101
Panggabean, J. Z. Z. (2022b). Pendidikan Kristiani Transformatif: Kritik Terhadap Kurikulum Katekisasi Gereja Berdasarkan Filsafat Pedagogi Paulo Freire. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 7(1), 330–348. https://doi.org/10.30648/dun.v7i1.726
Pantan, F. (2022). Pendidikan yang Membebaskan: Sadar akan Pluralitas dalam Pendidikan Kristiani di era Posmodern. KURIOS, 8(1), 31. https://doi.org/10.30995/kur.v8i1.453
Prabowo, P. D. (2023). Doa Sebagai Katarsis di Tengah Krisis Berdasarkan Mazmur 142. ILLUMINATE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 5(2), 120–131. https://doi.org/10.54024/illuminate.v5i2.188
Pradnyani, N. G. P. A. (2023). Gerakan Ramah Anak dalam Pendidikan Agama Kristen di tengah Budaya Suku Bali yang Patriarki. Didache: Journal of Christian Education, 4(1), 22. https://doi.org/10.46445/djce.v4i1.671
Ranubaya, F. A., & Endi, Y. (2023). Kesetaraan Gender: Perempuan Dalam Perspektif Ajaran Gereja Katolik Menurut Gaudium Et Spes. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 6(2), 224–234. https://doi.org/10.37329/kamaya.v6i2.2454
Rinukti, N., Siahaan, H. E. R., & Putri, A. S. (2022). Kesetaraan dan Keadilan Gender dalam Bingkai Teologi Hospitalitas Pentakostal. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 6(2), 782–796. https://doi.org/10.30648/dun.v6i2.711
Rodrigues, S. G. F. (2023). As mulheres, seus corpos e a violência na religião. Mandrágora, 29(1), 89–101. https://doi.org/10.15603/2176-0985/mandragora.v29n1p89-101
Santoso, A., Sindoro, P. E., & Putrawan, B. K. (2022). Out of the Shadows of Patriarchy: The Struggle for Women’s Liberation in the Holy Bible. Pharos Journal of Theology, 103(103(2)), 1–13. https://doi.org/10.46222/pharosjot.103.2052
Savala, A. (2020). Nexus Between Church and Gender. STJ | Stellenbosch Theological Journal, 6(1). https://doi.org/10.17570/stj.2020.v6n1.a08
Schmitt, A., Stahl, A., Janneck, L., Huber, S., Bertold, S., Gies, K., Ebner, M., Steinberger, S., Florin, C., Laubach, T., Vogt, M., Füssel, K., & Becka, M. (2023). (Un-) Gerechtigkeit!?: Beteiligung des Christentums an einer (un)gerechten Welt (A. Schmitt, L. Janneck, S. Huber, & S. Bertold (eds.); Vol. 43). University of Bamberg Press. https://doi.org/10.20378/irb-59109
Setianto, Y. (2022). “Gender Structure” (Biblical Perspective on Gender Equality). Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, 5(1), 66–77. https://doi.org/10.47457/phr.v5i1.255
Sianturi, R. J. N. (2020). Gereja Tanpa Mimbar. KINAA: Jurnal Kepemimpinan Kristen Dan Pemberdayaan Jemaat, 1(2), 126–140. https://doi.org/10.34307/kinaa.v1i2.19
Sidik, S., Tanipu, F., Solapari, N., Assabana, M. S., & Rahman, R. (2023). Konsep Pendidikan Keadilan Gender di Dalam Sistem Pendidikan Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2845–2859. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1949
Stella, Y. (2023). Kepemimpinan Wanita dalam Gereja. Journal Kerusso, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.33856/kerusso.v8i1.267
Susanti, A. (2023). Merekonstruksi Teologi Berbias Gender untuk Memberdayakan Perempuan Melayani. Pengarah: Jurnal Teologi Kristen, 4(2). https://doi.org/10.36270/pengarah.v4i2.86
Vrey, A. (2022). Eenheid en gelykheid uitgedruk deur die metafoor van die wapenrusting in Efesiers 6:10-18. In Die Skriflig/In Luce Verbi, 56(1). https://doi.org/10.4102/ids.v56i1.2807
Wiryadinata, H. (2022). Membangkitkan Sikap Kebangsaan di Pendidikan Teologi: Di manakah kita Berpijak? Prosiding Pelita Bangsa, 1(1), 1. https://doi.org/10.30995/ppb.v1i1.495
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Missio Ecclesiae

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Missio Ecclesiae is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.








