Evaluasi Kinerja Dosen dalam Melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran di Sekolah Tinggi Alkitab Jember Dengan Metode 360 Derajat

Authors

  • Nelly Nelly SEKOLAH TINGGI ALKITAB JEMBER
  • Dina Elisabeth Latumahina Institut Injil Indonesia

Keywords:

Evaluasi Kinerja Dosen, Pendidikan dan Pengajaran, 360 Derajat, Lecturer Performance Evaluation, Education and Teaching, 360 degree

Abstract

Dosen merupakan salah satu komponen esensial dalam suatu sistem pendidikan di perguruan tinggi. Dalam Tridharma Perguruan Tinggi, dosen harus melakukan dengan beban kerja paling sedikit sepadan dengan dua belas SKS dan paling banyak enam belas SKS pada setiap semester sesuai dengan kualifikasi akademik. Pelaksanaan tugas utama dosen ini perlu dievaluasi dan dilaporkan secara periodik sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dosen kepada para pemangku kepentingan. Penilaian kinerja dosen dipandang perlu dalam kaitannya dengan tercapainya Tridharma Perguruan Tinggi. Evaluasi kinerja adalah penilaian yang dilakukan secara sistematis untuk mengetahui hasil pekerjaan karyawan dan kinerja organisasi.

Untuk mengetahui kinerja dosen dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi di STA Jember maka penelitian ini menggunakan penelitian evaluasi, secara khusus evaluasi kinerja. Dalam penelitian evaluasi kinerja ini, model yang digunakan adalah evaluasi kinerja 360 derajat. Secara umum model evaluasi ini bertujuan untuk mengukur apakah kinerja dosen sesuai dengan standar atau kriteria kinerja yang sudah ditentukan. Penilaian kinerja dosen tersebut dilakukan oleh multi penilai atau penilaian dilakukan oleh beberapa orang. Data yang didapat dianalisis dan dicari hubungannya, dibandingkan, kemudian menemukan pola dasar dari data aslinya. Berdasarkan rekapan persentase rata-rata skor ketercapaian dari 17 orang dosen menunjukkan kinerja dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran adalah baik.

 

The lecturer is one of the essential components in the education system in higher education. In the Tridharma of Higher Education, lecturers must carry out a workload of at least twelve credits and a maximum of sixteen credits in each semester according to their academic qualifications. The implementation of this lecturer's main task needs to be evaluated and reported periodically as a form of accountability for lecturer performance to stakeholders. Performance appraisal is deemed necessary in its assessment by achieving the Tridharma of Higher Education. Company assessments are carried out systematically to see the results of employee work and organizational performance.

To see the performance of lecturers in the Tridharma of Higher Education at Jember Bible College to evaluate and evaluate performance. In this performance evaluation research, the model used is a 360-degree performance evaluation. In general, this evaluation model aims to measure whether the lecturer's performance is in accordance with the specified performance standards or criteria. The performance appraisal is carried out by multiple appraisers or the service is carried out by several people. The data obtained were analyzed and searched, compared, then found the basic pattern of the data built. Based on the recapitulation of the average proportion of achievement of 17 people who show good performance in carrying out education and completing it.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2009. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Biro SDM. 2016. Jabatan Karir Dosen. Kemenristekdikti.

Blazey, et al. 2001. Insight to Performance Exellence in Education 2001: An Inside Look at the 2001 Baldridge Award Criteria for Education. Winconsin: ASQ Quality Press.

Buku Pedoman Penilaian Kinerja Dosen Universitas Ngudi Waluyo Tahun 2017.

Chairy, Liche Seniati. 2005. Evaluasi Dosen sebagai Bentuk Penilaian Kerja, Workshop Evaluasi Kinerja Dosen oleh Mahasiswa. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Harisantoso, John. 2012. “Pengukuran Kinerja Dosen Melalui EKD STKIP PGRI Situbondo Berdasarkan Persepsi Mahasiswa.” Jurnal Nasional UMP Sainteks Vol. 9 No. 2, 64-71.

Khoirul Maqin. 2016. “Menanam Tri Dharma Perguruan Tinggi” https://www.duniadosen.com

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2017. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

Lepsinger, R., Aanntoinette, D., & Lucia. 1997. The Art and Science 360 Degree Feedback. San fransisco: Pfifer.

LPM UINAM. 2016. Pedoman Evaluasi BKD UIN Alauddin Makassar. Makasssar: UINAM.

Rismawati dan Mattalata. 2018. Evaluasi Kinerja: Penilaian Kinerja Atas Dasar Prestasi Kerja Berorientasi ke Depan. Makassar: Celebes Media Perkasa.

Simanjuntak, Payaman J. 2011. Manajemen & Evaluasi Kinerja Edisi 3. Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI.

Tim Pengisi Borang. 2018. Buku IIIB Borang Instituti Sekolah Tinggi Alkitab Jember. Jember: STAJ.

Tim Penyusun. 2010. Pedoman BKD dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Tim Penyusun. 2012. Statuta Sekolah Tinggi Alkitab Jember. Jember: STAJ.

Tim Penyusun. 2015. Buku Panduan Akademik Sekolah Tinggi Alkitab Jember. Jember: STAJ.

Tim Penyusun. 2017. Pedoman BKD dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma PT Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Tim Penyusun. 2018. Pedoman Evaluasi Kinerja Dosen. Semarang: Unissula.

Wirawan. 2015. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Published

2020-10-30 — Updated on 2020-11-01

How to Cite

Nelly, N., & Dina Elisabeth Latumahina. (2020). Evaluasi Kinerja Dosen dalam Melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran di Sekolah Tinggi Alkitab Jember Dengan Metode 360 Derajat. Missio Ecclesiae, 9(2), 66-97. Retrieved from https://jurnal.i3batu.ac.id/index.php/me/article/view/130

Issue

Section

Articles